UMKM Binaan BRI Go Ekspor, Gravfarm Pamerkan Kopi Nusantara di Amerika

Sebagai salah satu bank terbesar dalam pemberdayaan UMKM di Indonesia, BRI terus berjanji memberikan dukungan bagi UMKM binaannya untuk dapat \\\”go ekspor\\\”. Dukungan kongkrit hal yang demikian dikasih lewat partisipasi UMKM binaan BRI dalam trade fair ataupun eksibisi yang dapat menolong perluasan pasar ekspor untuk pelaku usaha. Salah satunya lewat kegiatan Specialty Coffee Expo (SCE) yang diselenggarakan pada 12–14 April 2024 di MCCormick Place, Chicago, Amerika Serikat.

Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan ekspor Indonesia dan Amerika Serikat menjadi salah satu negara tujuan ekspor utama. Potensi dan peluang pemasaran kopi di Amerika sungguh-sungguh besar karena negara ini merupakan pengkonsumsi kopi terbesar di dunia.

UMKM binaan BRI yang berkesempatan untuk menghadiri expo hal yang demikian merupakan Gravfarm, setelah UMKM asal Bandung hal yang demikian lolos tahap kurasi yang dilaksanakan BRI. Pada pelaksanaan kurasi aspek-aspek yang dipandang diantaranya mutu kopi yang memenuhi kriteria kopi spesialti, aspek pelacakan dan keberlanjutan, serta sertifikasi.

Di arena SCE 2024, Gravfarm memamerkan produknya di Paviliun Indonesia yang merupakan kolaborasi erat antara sbobet Atase Perdagangan di KBRI Washington DC, ITPC Chicago dan Los Angeles yang ditunjang oleh KJRI Chicago, SCAI, Bank Indonesia, LPEI dan Atase Pertanian di KBRI Washington DC.

Selain Gravarm, terdapat pula UMKM kopi lainya yang menghadirkan kopi Indonesia dari beragam sumber diantaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Gayo, Kintamani, Temanggung, Toraja, Mandailing dan Lampung.

Direktur Commercial, Small, dan Medium Business BRI Amam Sukriyanto mengungkapkan Indonesia mempunyai aneka specialty coffee unggulan dari Aceh sampai Papua yang diyakini dapat berkompetisi dengan negara penghasil kopi lainnya. Dukungan dari BRI untuk mendorong pelaku UMKM menembus pasar kopi internasional.

Amam berharap kopi Indonesia bukan hanya menjadi tuan rumah di Tanah Air, tapi juga dapat menguasai pasar kopi di mancanegara.

“Pesatnya perkembangan industri kopi di AS dan global mewajibkan Indonesia untuk lebih memperkuat branding Indonesia sebagai negara penghasil beragam biji kopi spesialti yang mempunyai cita rasa dan mutu yang tinggi. Untuk itu BRI hadir mendorong motivasi ekspor bagi UMKM binaan ditunjang dengan program-program unggulan kami umpamanya lewat UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR,” ujarnya.

Pemberdayaan BRI untuk Dukung UMKM Go Ekspor

Amam menegaskan, BRI juga terus konsentrasi mendorong pangsa pasar UMKM Lokal sehingga makin berkembang dan menjadi rantai pasok global salah satunya untuk industri kopi. Terdapat sebagian program pemberdayaan BRI yang dapat mendorong UMKM go ekspor. Di antaranya UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, Growpreneur, BRIncubator dan Rumah BUMN.

“BRI berjanji untuk terus mendorong para stakeholder bersama-sama membangun industri kopi menjadi ekosistem yang lebih efisien dan berkelanjutan. Sehingga semua pelaku ekosistem kopi dari petani di tingkat hulu sampai pengusaha ritel di hilir kian sejahtera,” tegas Amam.