UM Persiapkan 56 Ruangan untuk 11.511 Peserta Tes SNBT-UTBK 2024

Universitas Negeri Malang (UM) menjadi salah satu lokasi pelaksanaan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) – Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) 2024.

Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UM Dr Imam Agus Basuki, MPd, mengatakan bahwa pihaknya mempunyai kesiapan matang untuk melaksanakan percobaan tersebut. Ia memaparkan, UM menyediakan 56 ruangan yang terbagi di 14 gedung sebagai tempat pelaksanaan SNBT-UTBK 2024.

Ruangan ujian dilengkapi dengan fasilitas memadai untuk menentukan kekondusifan dan kenyamanan peserta selama percobaan berlangsung.

“Fasilitas tersebut mencakup perangkat komputer, koneksi internet yang stabil, pendingin udara serta dukungan teknis yang siap menolong dalam menyelesaikan kendala teknis yang mungkin terjadi,” ujar Dr Imam dalam siaran pers

Berikut yaitu rincian jumlah ruangan yang dipakai di setiap gedung lokasi SNBT-UTBK 2024. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak 4 ruangan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) sebanyak 2 ruangan Fakultas Ilmu Pengajaran (FIP) sebanyak 2 ruangan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) sebanyak 2 ruangan Fakultas Kedokteran (FK) sebanyak 2 ruangan Fakultas slot Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebanyak 6 ruangan Fakultas Psikologi (FPsi) sebanyak 2 ruangan Fakultas Sastra (FS) sebanyak 4 ruangan Fakultas Teknik (FT) sebanyak 13 ruangan Fakultas Vokasi sebanyak 3 ruangan Gedung Kuliah Bersama (GKB) A19 sebanyak 10 ruangan Perpustakaan UM sebanyak 2 ruangan Sentra Teknologi Kabar dan Komunikasi (PTIK) sebanyak 2 ruangan Sekolah Pascasarjana sebanyak 2 ruangan

Doktor Imam menuturkan bahwa sempurna peserta SNBT-UTBK 2024 di UM menempuh 11.511 orang, dengan 26 di antaranya yaitu penyandang disabilitas.

Ketidakhadiran peserta sebanyak ini menunjukkan antusiasme calon mahasiswa untuk melanjutkan pengajaran tinggi. Oleh karena itu, UM mendukung penuh program SNBT-UTBK 2024 dengan menyediakan layanan dan fasilitas terbaik untuk kelancaran pelaksanaan percobaan.

“Sebagai upaya untuk mendukung program lingkungan kampus yang inklusif, kami telah mempersiapkan gedung FMIPA dan PTIK UM bagi peserta SNBT-UTBK 2024 yang menyandang disabilitas untuk dapat melaksanakan ujian.

ini kami lakukan agar mereka dapat konsentrasi dan nyaman ketika melaksanakan percobaan. Terdapat 26 peserta yang menyandang disabilitas tunadaksa,” ujarnya. Adapun pelaksanaan percobaan SNBT-UTBK 2024 di UM dikerjakan pada 30 April dan 2-7 Mei 2024 selama tujuh hari dengan dua sesi per hari.

“UM bersepakat untuk menjadi salah satu lokasi yang profesional dalam pelaksanaan SNBT-UTBK 2024.

(Kami) menentukan setiap peserta menerima fasilitas ujian yang maksimal dan adil,” kata Dr Imam. UM betul-betul mengapresiasi dukungan dari seluruh pihak, bagus dari peserta ataupun sumber kekuatan manusia (SDM) universitas, untuk menjaga kelancaran percobaan tersebut.