Ratatouille Resep yang Sedap dan Lembut, Makanan Tradisional Khas Prancis

Ratatouille adalah hidangan tradisional dari Prancis yang menghadirkan keajaiban simpel dari dapur-dapur rumah tangga di pedesaan sampai kafe mewah di jantung Paris. Diandalkan berasal dari kawasan Provence, Ratatouille adalah perpaduan harmonis dari sayuran-sayuran segar seperti terong, tomat, paprika, dan bawang, yang dimasak dengan lembut sampai menimbulkan cita rasa yang kaya dan wangi-wangian yang memikat.

Dibalik kelezatan Ratatouille terdapat kisah panjang seputar adat istiadat masakan yang diturunkan dari generasi ke generasi. Tiap-tiap potongan sayuran yang dikuasai dengan cermat dalam sajian ini membawa cerita seputar kehidupan pedesaan yang simpel tapi berlimpah rasa. Ini bukan sekadar bluefinsushithaialameda.com hidangan, tapi juga representasi dari kedekatan dan kehangatan keluarga yang melimpah di meja makan.

Ratatouille tidak hanya memuaskan selera, tapi juga memanjakan indra dengan estetika visualnya yang memikat. Sebagai simbol dari kekayaan adat istiadat Prancis, hidangan ini tidak hanya memperkaya rasa, tapi juga memberi tahu pesan seputar pentingnya menghargai bahan-bahan lokal.

1. Ratatouille Resep yang Asli

Bahan-bahan:

200 gram terong ungu
200 gram tomat merah besar
100 gram zucchini
1 sdm minyak zaitun
Bahan saus:

2 siung bawang putih
1 buah bawang bombay
1 buah paprika kuning
5 buah tomat merah
1 sendok teh oregano
1/2 sdt thyme
1/2 sdt lada hitam
1/2 sdt garam
3 sdm minyak zaitun
Daun basil/kemangi secukupnya
Metode membuatnya:

Iris tipis-tipis terong, tomat, dan zucchini, sisihkan.
Buat sausnya dulu. Rebus tomat sampai matang, kupas kulitnya lalu blender halus. Cacah bawang bombay, paprika dan bawang putih.
Panaskan minyak zaitun, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai matang dan harum. Masukkan paprika, lanjutkan sampai matang. Tuang tomat halus tumis sampai harum. Tambahkan oregano, thyme, lada hitam dan garam. Masak sampai matang, Angkat.
Siapkan pinggan bendung panas, olesi minyak zaitun, tuang saus tomat secukupnya lalu ratakan. Tata irisan sayuran melingkar, selang-seling antara terong, tomat dan zuchini.
Beri saus di antara tumpukan sayurannya.Tutup dengan alumunium foil, lubangi alumunium foil di beberapa daerah untuk peredaran udara. Oven selama 30 menit.
Keluarkan dari oven dan lepas alumunium foil, lanjutkan memanggang selama 15 menit supaya permukaannya lebih kering. Angkat.
Campur rata daun basil, garam, lada bubuk, dan minyak zaitun sebagai garnish. Sajikan ratatouille dengan garnish.

2. Resep Ratatouille Simpel
Bahan-bahan:

1 buah zucini
1 buah terong ungu
2 buah tomat
Saus:

1/2 buah paprika merah (sekiranya ada bisa ditambah paprika hijau)
1 buah bawang bombay, potong2
2 siung bawang putih, cincang
100 gr saus tomat
2 batang rosemary
2 batang seledri
1 batang daun bawang
1/2 sdt garam
1 sdt lada hitam bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt oregano
100 ml air
Metode Membikin:

Buat saus dengan memotong segala bahan. Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombai sampai harum.
Masukkan paprika, daun bawang, seledri, rosemary. Tambahkan saus tomat dan air. Aduk rata. Beri garam, gula dan kaldu. Masak sampai mendidih. Koreksi rasa dan angkat
Iris tipis sayuran. Siapkan wadah bendung panas, tuang beberapa saus. Tata sayuran potong diatasnya. Tuangi sisa saus yang ada.
Tutup wadah dengan alumunium foil. Panaskan oven dengan temperatur 200°c. Oven ratatouille selama 20 menit. Buka alumunium foil, lalu oven kembali selama 20 menit. Setelah itu angkat dan sajikan dengan garnish.