bagaimana dampak positif dan dampak negatif dari sistem teknologi saat ini

Perkembangan Teknologi Digital Berdampak Positif dan Negatif

Perkembangan teknologi digital telah memberikan dampak positif dan negatif terhadap masyarakat, khususnya kepada generasi milenial dan generasi Z (generasi yang lahir pada rentang 1996 hingga 2012).

Dampak positif terknologi digital antara lain mempercepat komunikasi dan mempermudah  pekerjaan, sedangkan dampak negatifnya antara lain menumbuhkan individualisme, fitnah, dan sikap anti sosial.

Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jazuli https://billsberryfarm.com/ Juwaini, dalam Webinar Literasi Digital Kecakapan dan Literasi Digital untuk Generasi Milenial, yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (DJIKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bekerja sama dengan DPR RI, di Jakarta, Kamis (19/7/2022).

“Sangat diperlukan kecerdasan digital menyikap kemajuan teknologi, utamanya dari generasi Z dan milienial yang jumlahnya mencapai 67,69 persen dari populasi penduduk Indonesia,” kata Jazuli.

Jazuli mendorong agar generasi milenial dapat memiliki kecakapan digital melalui literasi data dan teknologi.

“Generasi milenial harus menguasai teknologi digital dan jangan menjadi korban,” katanya.

Legislator dari daerah pemilihan Banten II (Kab. Serang, Kota Cilegon, dan Kota Serang) ini menuturkan, kemajuan teknologi digital juga berdampak terhadap infiltasi atau penyusupan paham asing seperti liberalisme atau paham kebebasan.

Menurut Jazuli, selain liberalisme, terorisme dan komunisme harus diwaspadai oleh masyarakat.

Jazuli menuturkan, perlunya  benteng yang kuat agar tidak menjadi korban kemajuan teknologi.

Jazuli  menambahkan, saat ini Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari Indoensia berada di peringkat 107 dari 189 negara, dan Indeks Daya Saing berada di peringkat ke-50.

“Kita harus bekerja keras agar IPM yang dimiliki Indonesia bisa membaik, dan salah satunya dengan menambah pengetahuan dan minat baca,” katanya.

Dampak positif dari sistem teknologi saat ini adalah:  

  1. Pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.
  2. Banyak ilmu pengetahuan yang dapat diserap dari manapun.
  3. Menghilangkan batas jarak untuk berkomunikasi.
  4. Hidup manusia menjadi lebih mudah.
  5. Pertukaran informasi menjadi lebih singkat dan mudah.

Pembahasan

Dewasa ini, teknologi semakin berkembang pesat di tengah-tengah kehidupan kita. Berkembangnya teknologi tentu tidak lepas dari dampak positif maupun negatifnya. Berikut dampak positif dan negatif dari sistem teknologi saat ini:

Dampak positif dari sistem teknologi saat ini adalah:  

  1. Pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.
  2. Banyak ilmu pengetahuan yang dapat diserap dari manapun.
  3. Menghilangkan batas jarak untuk berkomunikasi.
  4. Hidup manusia menjadi lebih mudah.
  5. Pertukaran informasi menjadi lebih singkat dan mudah.

Dampak negatif dari sistem teknologi saat ini adalah:  

  1. Menurunya moral dan etika dalam berbicara.
  2. Manusia menjadi terlalu bergantung kepada teknologi.
  3. Penyebaran informasi-informasi yang menyesatkan menjadi lebih mudah.
  4. Peningkatan jumlah pengangguran.
  5. Tingkat kejahatan meningkat dengan berbagai modus teknologi.

Teknologi adalah bagian penting dalam kehidupan Anda saat ini. Segala sesuatu menerapkan teknologi untuk memudahkan berbagai aktivitas. Salah satu teknologi yang berkembang sangat pesat sekarang adalah teknologi komunikasi. Berbagai temuan dan inovasi pada teknologi komunikasi telah membawa Anda dan kita semua ke peradaban baru. Era digital yang sangat modern menjadikan teknologi komunikasi memberikan keuntungan yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Namun begitu, terdapat beberapa dampak negatif yang juga membayangi perkembangan teknologi komunikasi yang ada sekarang. Artikel berikut akan membahas tentang dampak positif dan negatif perkembangan teknologi komunikasi yang tidak boleh Anda lewatkan. Berikut informasinya.

Dampak Positif Perkembangan Teknologi Komunikasi

1. Menghubungkan Orang di Seluruh Dunia

Perkembangan teknologi komunikasi saat ini memiliki dampak global. Artinya, jika dahulu Anda memiliki keterbatasan jarak untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain tidak demikian dengan sekarang. Tidak terbatas antar kota dan antar wilayah saja, komunikasi saat ini dapat terjalin bahkan ke semua orang yang ada di seluruh penjuru dunia. Bukan hanya itu saja, Anda pun dapat terhubung dengan sangat cepat bahkan dalam hitungan detik saja.

2. Penyebaran Informasi yang Cepat

Perkembangan teknologi juga memberikan dampak positif pada penyebaran informasi. Jika dahulu Anda mengandalkan surat kabar atau televisi untuk tahu informasi terkini, sekarang internet mengambil peran keduanya. Kehadiran internet membuat penyebaran informasi terjadi dengan sangat cepat bahkan real time. Apa yang terjadi detik ini di belahan bumi lain dapat secara langsung Anda ketahui saat itu juga.

3. Munculnya Media Sosial

Salah satu perkembangan teknologi komunikasi ditandai dengan munculnya media sosial. Media sosial adalah sarana untuk Anda bisa terhubung dengan teman, keluarga, kerabat dimana saja melalui suatu platform khusus. Contoh sosial media yang banyak dipakai oleh masyarakat adalah Facebook, Instagram dan Twitter. Selain menghubungkan Anda dengan teman lama dan kerabat yang jauh, media sosial dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis. Melakukan promosi dan jual beli lewat media sosial bahkan kini menjadi cara yang sangat efektif dalam mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

4. Sarana Berbagi File

Perkembangan teknologi komunikasi yang ada sekarang juga memudahkan Anda untuk berbagi file. Mulai dari musik, video, film dan berbagai data lainnya dapat Anda peroleh dengan beberapa klik saja. Melalui media perantara internet, kegiatan berbagi file ini menjadi lebih mudah lagi untuk dilakukan.

5. Memajukan Dunia Pendidikan

Perkembangan teknologi komunikasi yang pesat juga mendukung kemajuan dunia pendidikan. Kini masyarakat yang tinggal di pelosok atau desa-desa terpencil juga dapat menikmati internet. Oleh karena itu, informasi yang mereka dapatkan saat ini tidak bergantung pada narasumber buku saja. Melalui internet, para siswa mendapat tambahan pengetahuan dan wawasan yang baru dengan sangat mudah dan cepat. Pemerataan pendidikan pun sekarang menjadi hal yang tidak mustahil lagi mengingat teknologi komunikasi sekarang dapat dirasakan manfaatnya bahkan di tempat terpencil.

Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Komunikasi

Disamping memberikan banyak dampak positif, ternyata masih ada dampak negatif yang bisa  terjadi dalam perkembangan teknologi komunikasi. Kemajuan teknologi komunikasi yang ada sekarang justru menurunkan semangat juang bagi sebagian orang. Karena segalanya terasa mudah, banyak murid misalnya yang hanya murni melakukan copy paste dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

Dalam bidang bisnis, kemajuan teknologi komunikasi juga memicu maraknya cyber crime. Kejahatan virtual seperti hacking dan carding juga telah merugikan banyak orang. Oleh sebab itu Anda harus lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi online agar tidak terjerumus dalam penipuan.

Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi yang ada sekarang juga menyerang kehidupan sosial masyarakat. Tindakan cyberbullying, penyebaran berita hoax, ujaran kebencian dan konten pornografi dinilai cukup meresahkan. Efek yang ditimbulkan pun bukan perkara sepele karena akan merusak generasi bangsa dan memecah belah persatuan.

Demikian informasi terkait dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi komunikasi saat ini. Anda sebagai warga negara yang baik harus lebih bijak dan jeli dalam memanfaatkan teknologi komunikasi yang ada sekarang. Semoga kedepannya akan selalu ada solusi yang dapat memberantas dampak negatif yang kemungkinan akan semakin meningkat.

Baca Juga : https://suarakuonline.com/pengertian-teknologi-menurut-para-ahli-ketahui-manfaat-dan-jenis-jenisnya/