May Day

“May Day”, Polisi Imbau Sekitar GBK dan Patung Kuda

JAKARTA, – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat untuk menghindari beberapa ruas jalan di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) dan Patung Kuda di Jakarta Pusat karena ada aksi May Day, hari ini, Rabu (1/5/2024).

Hal itu diumumkan langsung melalui akun X @TMCPoldaMetro pada Selasa (30/5/2024) malam.

“Kami mengimbau kepada warga untuk menghindari jalan di sekitar GBK, Silang Monas, dan Patung Kuda karena ada peringatan Hari Buruh,” tulis akun tersebut.

Masyarakat diminta untuk mencari jalan alternatif lain karena aksi yang dilakukan bakal berlangsung dari pagi hingga sore.

“Rencananya kegiatan dimulai pukul 08.00-18.00 WIB,” tulis akun X @TMCPoldaMetro.

Meski sudah ada imbauan untuk menghindari ruas jalan tertentu, pihak kepolisian diketahui belum memutuskan perihal ada atau tidaknya penutupan jalan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Ade Ary Syam Indradi menyebut, penutupan jalan sifatnya situasional.

Jika tak memungkinkan untuk dilalui kendaraan, ruas jalan yang terdampak bakal ditutup dan dialihkan.

“Pengalihan arus lalu lintas nanti dilakukan secara situasional oleh rekan-rekan kami petugas di lapangan dani beberapa titik itu ada perwira pengendalinya. Nanti secara situasional dilakukan langkah-langkah kepolisian untuk menciptakan ketertiban, ya,” kata dia kepada wartawan, Selasa (30/4/2024).

Sebagai informasi, ada agen sbobet sekitar 50.000 buruh yang bakal turun ke jalan hari ini.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Buruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani mengatakan, ribuan massa terdiri dari dua konfederasi buruh terbesar di Indonesia, yakni KSPSI dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) pimpinan Said Iqbal.

“Massa berasal dari Jabodetabek tentunya, tetapi ada juga yang dari Banten dan Bandung Raya,” ucap dia di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (29/4/2024).

Andi mengatakan, buruh berencana memadati kawasan Patung Kuda sekitar pukul 10.00 WIB.

Aksi di Patung Kuda rencananya berlangsung selama tiga jam sebelum berpindah di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

“Setelah membacakan tuntutan di Patung Kuda, massa akan bergerak ke Stadion Madya di kawasan Gelora Bung Karno pukul 13.00 WIB. Di sana kami akan merayakan May Day bersama-sama,” imbuh dia.