Manfaat Zakat yang Harus Diketahui Umat Muslim

Manfaat Zakat yang Harus Diketahui Umat Muslim

Melalui hadits Jibril, kita tahu bahwa Islam mengenal lima rukun. Salah satu dari lima rukun yang harus diamalkan muslim adalah zakat. Zakat memang diwajibkan bagi muslim yang mampu. Namun, tahukah Kamu jika manfaat zakat ternyata sangat banyak. Manfaat zakat merentang dari urusan duniawi hingga akhirat, lho. Nah, penasaran, kan? Mau tahu apa saja manfaat zakat bagi umat Islam? Yuk, simak 20 manfaat membayar zakat di bawah ini:

Zakat yang diwajibkan bagi umat muslim pastinya memiliki manfaat bagi para umat muslim. Bagi kamu yang belum mengetahuinya, simak beberapa manfaat zakat berikut ini!

  1. Menyempurnakan Iman

Berzakat kepada mereka yang membutuhkan merupakan salah satu pilar agama Islam. Setiap muslim pasti berusaha melaksanakan amalan ini dengan tujuan melengkapi kewajiban yang diamanatkan agamanya.

  1. Bukti Keimanan dan Ketaatan

Manusia membutuhkan dan mencintai uang sebagai sesuatu yang bisa dimiliki. Oleh karena itu, terkadang orang tidak rela melepaskan apa yang dia cintai tanpa imbalan apapun.

Dengan membayar zakat, atau bisa disebut sedekah, kamu sudah menunjukkan keimananmu kepada Allah SWT.

Sebab, dengan berzakat kamu tidak mengharapkan imbalan duniawi melainkan ketenangan hati dan pahala dari Allah SWT.

  1. Membersihkan Hati dan Diri

Dengan membayar zakat, muslim telah masuk ke dalam kelompok orang dermawan dan memisahkan diri dari kelompok orang-orang kikir.

Alasannya, jika seseorang sudah terbiasa memberi dalam bentuk apapun, seperti pengetahuan, uang, atau kebaikan, dirinya akan merasa lebih “lengkap” ketika telah memberikan sesuatu yang berarti untuk orang lain.

  1. Menenangkan Hati

Berzakat melatih umat Muslim untuk ikhlas. Jika dilakukan dengan ikhlas dan tanpa paksaan, zakat bermanfaat melatih kita menjadi pribadi yang ikhlas dan tulus melakukan kebajikan bagi orang lain. Inilah hikmah zakat yang akan membawa banyak keselamatan untukmu.

  1. Mencapai Keimanan yang Sempurna

Rasulullah SAW bersabda, “Salah seorang di antara kalian tidaklah beriman (dengan iman sempurna) sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari: 13)

Dalam kaitannya dengan zakat, tanpa disadari kamu juga menyempurnakan iman dengan tidak hanya mementingkan dirimu sendiri saja, melainkan juga orang-orang lain yang membutuhkan.