Manfaat Walnut: Gizi Lengkap, Mudah Didapat

Manfaat Walnut: Gizi Lengkap, Mudah Didapat

Kacang walnut atau kacang kenari adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang berasal dari wilayah Mediterania dan Asia Tengah yang telah dikonsumsi selama ribuan tahun.

Ada beberapa jenis walnut yang biasa dikonsumsi, yakni walnut Persia atau Inggris yang ditanam hampir diseluruh dunia. Lalu, ada jenis walnut hitam timur atau biasa disebut dengan Juglans Nigra yang berasal dari Amerika Utara.

Kacang berwujud unik ini kaya akan lemak omega-3 dan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan makanan jenis lainnya. Ia juga menyediakan kandungan nutrisi seperti lemak, serat, vitamin dan mineral guna mendukung kesehatan tubuh.

Banyaknya kandungan nutrisi dalam kacang walnut dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti daftar khasiat berikut ini:

  1. Kaya Antioksidan

Kacang walnut memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi daripada kacang biasa lainnya. Antioksidan ini berasal dari vitamin E, melatonin, dan senyawa polifenol yang sangat tinggi pada walnut.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi walnut dapat mencegah kerusakan oksidatif akibat kolesterol LDL jahat, sehingga terhindar dari aterosklerosis.

  1. Sumber Omega-3

Dibandingkan kacang lainnya, kacang walnut termasuk sumber omega paling tinggi yang menyediakan 2,5 gram omega-3 jenis alpha-linolenic acid dalam 28 gram.

Mengonsumsi kacang walnut sudah mampu memenuhi kebutuhan harian alpha-linolenic acid sebanyak 1,1 gram pada perempuan dan 1,6 gram pada laki-laki per hari.

Sehingga, dapat dikatakan bahwa walnut dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 10%.

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Mengonsumsi kacang walnut dapat bermanfaat untuk bakteri baik dalam sistem pencernaan.

Sebuah studi menyatakan bahwa 194 orang dewasa mengonsumsi 43 gram kacang walnut setiap harinya selama delapan minggu mengalami peningkatan jumlah bakteri baik di dalam usus.

Dengan ini, juga dapat mencegah terjadinya peradangan dan penyakit di usus, serta dapat mendukung kesehatan bakteri baik di dalam usus.

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Diketahui bahwa walnut termasuk dalam jenis kacang yang padat kalori dan dapat membantu mengendalikan nafsu makan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 10 orang gemuk yang megonsumsi smoothie yang terbuat dari 48 gram walnut selama 5 hari mengalami penurunan nafsu makan dan rasa lapar.

Maka, dengan begitu dapat disimpulkan bahwa kacang walnut mampu menjaga berat badan agar tetap ideal dengan cara mengontrol nafsu makan agar tidak berlebih.

  1. Mendukung Penuaan yang Sehat

Seiring dengan bertambahnya usia, tak bisa dipungkiri bahwa fisik mengalami penurunan fungsi. Oleh sebab itu, kamu harus mulai memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan sehat untuk menjaga kemampuan fisik kamu.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa para wanita yang lebih tua dengan pola makan sehat memiliki resiko rendah mengalami gangguan fisik dibanding yang tidak mengonsumsi makanan sehat.

Walnut adalah salah satu makanan yang dapat membantu mendukung fungsi fisik yang baik seiring dengan bertambahnya usia.