Manfaat Timun Suri, Buah Favorit Saat Ramadan

Manfaat Timun Suri, Buah Favorit Saat Ramadan

Timun suri adalah buah yang biasanya banyak dicari saat Ramadan. Ia berbentuk lonjong dengan kulit berwarna hijau kekuningan, mempunyai tekstur daging yang lembut, dan banyak mengandung air.

Buah yang kaya akan manfaat ini mengandung banyak nutrisi dan senyawa yang baik untuk kesehatan. Timun suri termasuk ke dalam famili labu kuning (Cucurbitaceae) yang mirip dengan mentimun dan melon.

Khasiat timun suri sudah cukup umum diketahui oleh masyarakat sebagai buah yang diolah menjadi minuman menyegarkan. Siapa sangka, buah yang sering menjadi takjil ini mempunyai banyak manfaat seperti berikut ini:

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Apabila Kamu memiliki riwayat tekanan darah tinggi, sudah waktunya kamu untuk mulai mengonsumsi buah timun suri secara rutin.

Diketahui buah yang menjadi menu favorit buka puasa ini memiliki berbagai mineral dan antioksidan yang bisa menstabilkan tekanan darah.

Timun suri juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, vitamin ini terkenal akan manfaatnya untuk membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

  1. Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imun adalah sistem daya tahan tubuh terhadap serangan substansi asing yang terpapar ke tubuh kita. Substansi asing tersebut bisa merugikan untuk tubuh kita. Untuk meningkatkan imunitas tubuh, kamu bisa memakan buah timun suri.

Buah ini mengandung vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi. Kedua vitamin ini mendorong produksi sel darah putih, khususnya limfosit dan fagosit, yang berperan melindungi tubuh dari infeksi.

Selain itu, vitamin C dibutuhkan untuk mengontrol tekanan darah, menurunkan kadar asam urat, penyerapan zat besi, dan melindungi sel-sel imun dari radikal bebas.

  1. Mencegah Anemia

Ketika kamu mengalami anemia, tubuh kamu tidak mendapatkan cukup darah yang mengandung banyak oksigen.

Akibatnya, kamu mungkin merasa cepat lelah atau lemah, serta mudah pusing atau sakit kepala. Timun suri adalah salah satu buah yang bisa mencegah anemia.

Kandungan zat besi yang ada di timun suri bisa mencegah anemia karena zat besi merupakan sebuah komponen penting dari hemoglobin yang berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

  1. Sumber Antioksidan

Antioksidan adalah molekul yang mampu memperlambat dan mencegah proses oksidasi molekul lain. Oksidasi adalah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas, sehingga memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel.

Buah timun suri kaya akan antioksidan, seperti seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, magnesium, kalium, mangan, dan silika yang sangat baik untuk tubuh.

  1. Menghidrasi Tubuh

Buah timun suri memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Kandungan air bisa membuat tubuh kamu tetap terhidrasi. Hal ini menjadikan timun suri sangat cocok disantap untuk berbuka puasa sebagai pelepas dahaga.

Timun suri juga mengandung kalium, yaitu mineral yang penting yang menjaga keseimbangan cairan tubuh.

  1. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Seringkali bakteri bisa merugikan untuk tubuh. Kita harus menjaga tubuh agar tetap sehat dengan makan dan minum bergizi, salah satunya adalah timun suri.

Timun suri mengandung alkaloid, flavonoid, saponin, steroid, dan triterpenoid yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Kandungan dalam flavonoid dapat bermanfaat dalam melawan bakteri penyebab penyakit, misalnya Streptococcus sp.