Manfaat Temulawak: Herbal Kaya Khasiat Asli Indonesia

Manfaat Temulawak: Herbal Kaya Khasiat Asli Indonesia

Temulawak dikenal sebagai salah satu bahan penting dalam meracik jamu tradisional. Tanaman herbal yang banyak dijumpai di Indonesia ini memiliki banyak sekali manfaat, baik untuk kesehatan tubuh hingga kecantikan.

Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza adalah tanaman herba yang termasuk ke dalam golongan suku temu-temuan yakni tanaman yang akar dan batangnya menyatu di dalam tanah. Umumnya digunakan untuk bumbu dapur dan diolah sebagai tambahan penyedap rasa makanan.

Temulawak memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik seperti zat tepung, kurkumin, minyak atsiri, phleandren, protein, kamfer, serat, glukosida, antioksidan, turmerol, borneol, kalsium, zat besi, potasium, sodium, dan masih banyak yang lainnya.

Kandungan yang ada tersebut membuat temulawak memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Simak daftar selengkapnya berikut ini:

  1. Memperlancar Proses Pencernaan

Kandungan serat kurkumin yang tinggi pada temulawak dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Khasiat temulawak yang satu ini cocok bagi kamu yang memiliki masalah susah buang air besar. Selain itu, masalah gangguan pencernaan lain juga diketahui dapat diatasi dengan temulawak.

Pernyataan ini diperkuat oleh temuan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. Jurnal tersebut menemukan bahwa berbagai gangguan kesehatan pada saluran pencernaan seperti perut kembung, dispepsia, dan gangguan pencernaan dapat diatasi dengan konsumsi temulawak.

Selain itu, tanaman herbal ini juga bisa merangsang produksi cairan empedu di kantung empedu. Hal inilah yang bisa membantu pencernaan dan metabolisme makanan dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat dari temulawak yang terkenal adalah ia mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita dan menghindari berbagai macam penyakit. Hal ini karena kandungan kurkumin yang ada dalam temulawak diketahui memiliki sifat anti-inflamasi. Anti-inflamasi membantu meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh.

Temuan ini didukung oleh penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE (Public Library of Science) yang menemukan bahwa kandungan kurkumin yang ada di dalam temulawak baik untuk sistem pertahanan tubuh. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mengolah temulawak menjadi minuman dengan cara merebusnya. Mudah, bukan?

  1. Sebagai Antibakteri dan Antijamur

Manfaat temulawak selanjutnya yang dapat kamu temukan adalah berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur. Seperti yang kita ketahui, salah satu penyebab penyakit infeksi adalah bakteri. Adanya senyawa xanthorrhizol pada temulawak ternyata cukup efektif untuk membasmi bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella.

Hal ini sejalan dengan pernyataan di dalam Jurnal Kedokteran Unila tentang manfaat temulawak. Jurnal tersebut menemukan bahwa ekstrak etanol temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) memiliki berbagai manfaat, salah satunya sebagai antimikroba. Hal ini karena temulawak memiliki kandungan senyawa kurkumin dan minyak atsiri yang dapat menghambat dan membunuh pertumbuhan bakteri.