Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan, Obat Segala Penyakit

Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan, Obat Segala Penyakit

Janganlah menilai sesuatu dari rupa atau tampilan luarnya saja. Mungkin ini cocok untuk mewakili penilaian kita terhadap mengkudu.

Ya, buah mengkudu memang tidak memiliki bentuk rupawan dan rasa daging buah yang pahit. Tapi, apa yang terkandung di dalamnya akan membuat banyak orang membutuhkan dirinya.

Mengkudu atau biasa disebut juga buah noni, telah diketahui berjasa dalam membantu memerangi berbagai penyakit berbahaya. Bahkan, kini banyak produk obat-obatan herbal yang mengandalkan ekstrak buah dengan kulit berbintik-bintik ini.

Manfaat Mengkudu

  1. Kandungan Antioksidan Superior

Mengkudu adalah salah satu buah-buahan yang memiliki kandungan antioksidan tingkat tinggi. Di mana zat inilah yang membuatnya powerful.

Kandungan antioksidan di dalamnya membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

  1. Buah yang Baik untuk Perokok Aktif maupun Pasif

Untuk diketahui, studi menyebt bahwa paparan asap tembakau dapat menghasilkan radikal bebas dalam jumlah berbahaya yang memicu kerusakan sel dalam tubuh.

Maka dari itu, jika di lingkungan sekitar kamu banyak terpapar asap rokok, mengonsumsi jus mengkudu bisa membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Yang penting untuk diperhatikan, mengkudu memang terbukti dalam penelitian mampu mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas asap rokok. Tapi, bukan berarti mendukung aktivitas merokok menjadi kebiasaan yang terus berulang.

Jika sudah ketergantungan, cobalah untuk menguranginya sedikit demi sedikit. Agar terlepas dari kebiasaan yang buruk untuk kesehatan ini.

  1. Mendukung Kesehatan Jantung

Jus buah noni dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan.

Kolesterol baik memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh kita. Sementara kolesterol jahat secara berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti halnya peradangan kronis.

Satu studi yang melibatkan perokok berat menemukan bahwa mengonsumsi jus mengkudu secara rutin dalam satu bulan, mampu mengurangi kadar kolesterol jahat secara signifikan.

  1. Memperkuat Daya Tahan Fisik

Bagi kamu yang sering beraktivitas fisik dan olahraga berat. Mengkudu bisa membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Bagi para pekerja yang sering menempuh perjalanan jauh, mengonsumsi jus noni berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan agar tidak cepat lelah.

Mengkudu juga memiliki manfaat positif bagi yang sering menjalani aktivitas olahraga, dengan mengurangi risiko cedera dan kerusakan jaringan otot.

  1. Meredakan Nyeri bagi Penderita Arthritis

Bagi penderita radang sendi atau arthritis, mengkudu adalah buah penyelamat yang bisa mengurangi rasa nyeri pada sendi secara efektif, bahkan hingga 60 persen!

Diketahui, sejak ribuan tahun buah mengkudu telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk efek penghilang rasa sakit akibat radang sendi. Dan, banyak penelitian telah mendukung hal ini.