Manfaat Menabung: Mulai Sekarang Agar Tidak Menyesal!

Manfaat Menabung: Mulai Sekarang Agar Tidak Menyesal!

Sejak kecil dulu, kita pasti sudah dikenalkan dengan kebiasaan menyisihkan sebagian uang jajan untuk disimpan dalam celengan.

Pada saat kecil, kita memiliki berbagai motivasi untuk menabung mulai dari membeli peralatan sekolah, mainan, hingga sepeda.

Namun, seiring berjalannya waktu, beberapa orang justru mulai kehilangan kebiasaan baik ini. Beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit atau jasa peminjaman uang bahkan mendorong penggunaan uang yang kurang bijak.

Menginjak usia dewasa, kita pasti akan memiliki banyak kewajiban dan keinginan. Keinginan dan kewajiban ini bisa terpenuhi jika kamu menabung.

  1. Dana Kebutuhan Mendadak

Beberapa hal dalam hidup memang bisa kita rencanakan. Namun, beberapa lainnya bisa datang tiba-tiba sebagai keadaan darurat.

Hal-hal seperti kecelakaan atau saluran air yang rusak bisa jadi membutuhkan uang yang cukup banyak.

Hal ini akan semakin membuatmu bingung jika tidak memiliki tabungan. Ada banyak opsi untuk mendapatkan uang dalam keadaan mendesak seperti pinjaman atau menjual barang berharga yang kamu miliki. Namun, dana-dana tersebut sulit untuk cair dalam waktu yang cepat.

  1. Bertahan Saat Tidak Bekerja

Ada banyak kondisi yang mendorong ketidakstabilan ekonomi, contohnya adalah pandemi Covid-19.

Kondisi krisis ini bisa juga memberi dampak langsung pada kondisi ekonomimu secara langsung, khususnya ketika perusahaan tempatmu bekerja merumahkan karyawannya.

Tabungan akan sangat membantu untuk bertahan hidup di situasi ini. Jika kamu menyiapkan beberapa uang untuk ditabung, kamu bisa mencari pekerjaan atau peluang baru dengan lebih tenang.

  1. Ketenangan dan Rasa Aman

Ada perasaan tenang ketika kamu memiliki tabungan yang cukup. Baik itu untuk dana darurat atau kamu gunakan sebagai dana untuk bersenang-senang. Kamu mungkin perlu sedikit berhemat agar tak perlu was-was di kemudian hari.

  1. Mengurangi Utang

Ada banyak alasan untuk menabung, salah satunya adalah membatasi jumlah hutang. Menabung di hari ini akan mengurangi kemungkinan untuk berhutang di saat keadaan mendesak.

Menabung juga akan sangat menguntungkan karena kamu tidak perlu membayar bunga dari pinjaman karena kebutuhan yang mendadak.