Manfaat Kurma: Buah Nabi dengan Khasiat ‘Suci’

Manfaat Kurma: Buah Nabi dengan Khasiat ‘Suci’

Sejak ditemukan dari ribuan tahun yang lalu, kurma dipercaya dan terbukti memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita. Menurut sejarah, kurma diketahui berasal dari apa yang sekarang sudah menjadi negara Irak.

Berkat perdagangan, perjalanan kurma sudah sampai ke Asia Tenggara, Spanyol, Afrika Utara, dan kemudian dibawa ke Meksiko dan California. Sampai sekarang, kurma telah menjadi salah satu bahan terpenting dalam masakan Timur Tengah.

Di seluruh dunia setidaknya ada 30 jenis kurma. Salah satu jenis kurma yang paling didambakan ditemukan di Jalur Gaza, karena produk kurma mereka dikenal sangat merah dan manis. Beberapa jenis populer lainnya adalah Zaghloul di Mesir.

Sukkary dari Arab Saudi adalah salah satu jenis kurma yang paling mahal. Kurma jenis ini memiliki kulit coklat gelap, daging lembut dan manis. Dan kemudian ada Khadrawy, jenis kurma yang lembut dan gelap yang juga cukup populer di kalangan orang Arab.

Masakan di seluruh dunia menggunakan kurma dalam jumlah kecil dan besar, tapi penting juga dicatat kurma juga dilengkapi dengan banyak manfaat kesehatan. Kurma merupakan sumber yang baik dari berbagai vitamin dan mineral, energi, gula, dan serat.

Kurma juga mengandung kalsium, zat besi, fosfor, potasium, magnesium dan zinc menjadikan khasiat kurma sangat dikenal. Yuk, ketahui lebih lengkap manfaat kurma bagi kesehatan berikut ini:

  1. Mengatasi Sembelit

Manfaat Kurma yang pertama akan sangat membantu kamu yang tengah sembelit. Kurma sering dikategorikan sebagai makanan pencahar. Inilah sebabnya mengapa kurma begitu sering dimakan oleh orang-orang yang menderita sembelit.

Untuk mencapai efek pencahar yang diinginkan dari kurma, rendam beberapa kurma ke dalam air semalaman, lalu konsumsi di pagi hari saat kurma sudah berubah menjadi sirup untuk mendapatkan hasil yang paling optimal.

Kurma memiliki kadar serat larut yang tinggi, yang penting dalam mempromosikan pergerakan usus sehat, yang dapat meringankan gejala sembelit.

  1. Memperkuat Tulang

Sejumlah besar mineral yang ditemukan pada kurma menjadikannya superfood untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit seperti osteoporosis.

Buah kering ini mengandung selenium dan magnesium, yang semuanya merupakan bagian integral dari perkembangan dan kekuatan tulang yang sehat, terutama seiring bertambahnya usia, tulang perlahan melemah.

Jadi, makan kurma dan berikan kekuatan pada tulangmu!

  1. Mengobati Gangguan Usus

Khasiat Kurma selanjutnya adalah membantu mengobati gangguan usus. Kandungan nikotin pada kurma dianggap bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis kelainan usus.

Asupan kurma yang terus menerus dapat membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis dan dengan demikian, membantu merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus.

Dalam hal masalah pencernaan, serat tersebut mengandung banyak asam amino bermanfaat yang dapat merangsang pencernaan makanan dan membuatnya lebih efisien, yang berarti bahwa lebih banyak nutrisi akan diserap oleh saluran pencernaan dan masuk ke tubuh.