Beranda Lifestyle Manfaat Kentang: Kontrol Berat dan Gula Darah

Manfaat Kentang: Kontrol Berat dan Gula Darah

142
0
Manfaat Kentang: Kontrol Berat dan Gula Darah
Manfaat Kentang: Kontrol Berat dan Gula Darah

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang mudah ditemukan di mana saja. Tidak hanya penyebaran yang luas, kentang juga memiliki harga cukup terjangkau. Tak heran jika kentang sering dijadikan pengganti nasi bagi mereka yang sedang diet atau berpantangan.

Di lain sisi, kentang juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain mengontrol berat badan, kentang juga dapat menjaga fungsi jantung hingga mengontrol gula darah.

Singkong merupakan sayuran kaya kalori yang mengandung tinggi karbohidrat, vitamin, dan mineral utama. Selain kandungan nutrisinya yang cukup, kentang juga memiliki ragam manfaat bagi kesehatan seperti berikut:

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kentang mengandung jenis pati khusus yang disebut pati resisten. Pati ini tidak pecah dan dapat diserap sepenuhnya oleh tubuh.

READ  Cara Menghentikan Procrastination agar Lebih Produktif dalam Bekerja

Penelitian telah mengaitkan pati resisten dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi resistensi insulin, yang dapat meningkatkan kontrol gula darah.

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Pati resisten pada kentang juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Ketika pati resisten mencapai usus besar, ia akan menjadi asupan bagi bakteri baik pada usus.

Secara tidak langsung, pati resisten yang telah mencapai usus besar akan memperkuat pertahanan usus dan mengurangi risiko kanker kolorektal.

Sistem pencernaan yang baik juga akan membantu kamu mengontrol berat badan agar tetap ideal.

  1. Bebas Gluten Secara Alami

Diet bebas gluten adalah salah satu diet paling populer di seluruh dunia. Diet ini bertujuan untuk menghindari seluruh makanan yang mengandung gluten.

READ  Manfaat Vitamin C untuk Kulit Sehat

Kebanyakan orang tidak mengalami gejala buruk akibat mengonsumsi gluten. Namun, beberapa orang dengan penyakit celiac atau sensitivitas gluten non-celiac dapat mengalami ketidaknyamanan. Gejala termasuk sakit perut, diare, sembelit, kembung dan ruam kulit.

Jika kamu mengikuti diet bebas gluten, maka kamu bisa mempertimbangkan kentang untuk masuk dalam menu sehari-hari. Karena kentang secara alami bebas gluten dan membantu kamu menghindari efek samping dari konsumsi gluten.

  1. Mengenyangkan dan Bergizi

Dalam sebuah penelitian, 11 orang diberi makan 38 makanan biasa dan diminta untuk menilai makanan berdasarkan seberapa mengenyangkannya. Kentang menerima peringkat kepenuhan tertinggi dari semuanya.

Makanan yang mengenyangkan dapat membantu kamu mengatur atau menurunkan berat badan, karena dapat mengurangi rasa lapar.

READ  Kenalan dengan Metode Lamaze untuk Persiapan Persalinan

Beberapa bukti menunjukkan bahwa protein kentang tertentu, yang dikenal sebagai potato proteinase inhibitor 2 (PI2), dapat mengekang nafsu makan.

Protein ini tampaknya meningkatkan pelepasan cholecystokinin (CCK), hormon yang meningkatkan perasaan kenyang lebih lama.

  1. Mudah Disajikan dan Serbaguna

Kentang tidak hanya sehat, tetapi juga lezat dan serbaguna. Kentang dapat disiapkan dengan berbagai cara, termasuk direbus, dibakar, dan dikukus.

Namun, menggoreng kentang dapat meningkatkan kandungan kalorinya secara drastis jika kamu menggunakan banyak minyak.

Sebagai gantinya, cobalah mengiris kentang lalu panggang dalam oven dengan sedikit minyak zaitun. Pastikan untuk tidak mengupas kulit kentang, karena sebagian besar nutrisi berada di sana.