Manfaat Jengkol: Bau Khas, Basmi Radikal Bebas

Manfaat Jengkol: Bau Khas, Basmi Radikal Bebas
Manfaat Jengkol: Bau Khas, Basmi Radikal Bebas

Siapa yang tidak tahu dengan jengkol? Jengkol atau biasa juga disebut jering adalah jenis makanan yang memiliki bau khas dan menyengat.

Jenis tanaman satu ini memiliki nama latin Archindendron pauciflorum yang sering diolah menjadi berbagai hidangan seperti semur, campuran sambal goreng, hingga lalapan.

Aroma kurang sedap yang dimiliki ini membuat jengkol kurang dinikmati untuk dikonsumsi. Sebab, mengomsumsi jengkol juga akan membuat pipis menjadi bau.

Padahal, di balik baunya yang khas tersebut jengkol menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan, lho. Jika penasaran, yuk simak kandungan beserta manfaat jengkol berikut ini!

Manfaat/Khasiat Jengkol untuk Kesehatan

Bagi kamu yang tidak terlalu menyukai jengkol, wajib mengetahui sederet mafaat jengkol yang baik untuk kesehatan tubuh. Ini dia beberapa di antaranya:

  1. Mencegah Anemia

Kamu sering merasa mudah lelah dan lemas? Bisa jadi kamu terkena penyakit anemia, yakni dimana seseorang mengalami kekurangan sel darah merah atau hemoglobin.

Penyebab umumnya disebabkan karena kurangnya asupan zat besi di dalam tubuh. Maka, kamu bisa memanfaatkan jengkol untuk memenuhi kebutuhan harian agar tubuh tubuh tetap segar dan terhindar dari anemia.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Jengkol kaya akan vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C yang baik untuk kesehatan. Vitamin A dan vitamin C pada jengkol berperan sebagai antioksidan untuk membasmi radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

Selain itu, vitamin A juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan kemampuan penglihatan.

  1. Mencegah Sakit Maag

Sakit maag tidak bisa dispelekan karena selain menyiksa, kondisi ini juga dapat berpotensi menyebabkan kematian. Khasiat jengkol lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah menyembuhkan dan mencegah sakit maag.

Menurut sebuah studi menyatakan bahwa mengonsumsi jengkol cenderung terhindar dari masalah pencernaan, termasuk sakit maag. Terjadi peningkatan suatu enzim yang bekerja untuk mencegah dinding lambung terluka akibat asam lambung.

  1. Mengecilkan Perut

Umumnya, setiap wanita mendambakan tubuh yang ramping untuk menunjang penampilan. Jika kamu salah satunya, mulailah untuk mengonsumsi jengkol.

Jengkol memiliki kandungan serat yang cukup tinggi guna memperlancar proses pencernaan. Dengan begitu, akan ikut membantu untuk membuat perut yang buncit tampak lebih ramping.

Namun, pastikan kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab, jengkol mengandung nitrogen yakni zat yang berbahaya yang dapat menyebabkan fungsi gijal dan masalah pada saluran kemih.

  1. Mencegah Tulang Keropos

Manfaat jengkol berikutnya adalah mencegah tulang keropos serta memperkuat tulang dan gigi. Adanya kalsium dan fosfor di dalamnya membantu untuk menunjang kebutuhan pada tulang.

Maka, dengan mengonsumsi jengkol secara rutin dengan porsi yang cukup akan membuat tulang menjadi lebih kuat.

  1. Mencegah Diabetes

Jengkol memiliki kandungan asam jengkolat yang berguna untuk mencegah penyakit diabetes. Asam jengkolat akan membentuk kristal yang tidak larut oleh air.

Jenis zat ini memiliki sifat diuretik yang mana tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita kelainan ginjal. Maka, pastikan kamu bebas dari riwayat penyakit ginjal sebelum mengonsumsinya.