Manfaat Daun Salam, Manjur untuk Tangkal Penyakit

Manfaat Daun Salam, Manjur untuk Tangkal Penyakit

Bagi kalian yang hobi masak, pasti tidak asing dengan daun salam. Maklum saja, daun tanaman ini merupakan daun rempah yang sering menjadi bumbu khas masakan Nusantara.

Cukup tambahkan daun salam sebagai salah satu rempah dalam membuat olahan daging, sup, sayur ataupun masakan lainnya. Aroma makanan akan lebih harum, kaya rasa dan gurih saat disantap.

Namun, ternyata bukan soal fungsinya saja sebagai penyedap rasa. Daun tanaman salam juga telah dipercaya digunakan sebagai obat herbal sejak zaman dahulu.

Tak salah jika daun salam telah lama diandalkan sebagai salah satu ramuan obat herbal tradisional terbaik. Karena begitu banyak kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Dengan kandungan yang kaya, berikut ini daftar khasiat daun salam untuk kesehatan:

  1. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Sebagai obat alami yang banyak digunakan, daun salam juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol pada tubuh. Daun salam mengandung flavonoid yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, daun salam juga memiliki kandungan quercetin yang mampu menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

Kamu dapat meminum air rebusan daun salam setiap hari sebagai obat alami untuk mengontrol tekanan darah tinggi dan kolesterol.

  1. Menjaga Imun Tubuh

Air rebusan daun salam diketahui dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Hal ini karena terdapat kandungan vitamin B6, B12, C, dan D pada air rebusan daun salam yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C pada air rebusannya bermanfaat untuk melawan radikal bebas.

Cara membuat air rebusan daun salam untuk menjaga kekebalan tubuh pun mudah. Kumpulkan 10 hingga 15 daun salam segar, lalu rebus dalam air sebanyak tiga gelas. Tunggu hingga air rebusannya menyusut sekitar satu gelas, lalu minum satu gelas air rebusan daun salam secara teratur.

  1. Membantu Mengobati Stroke

Siapa yang tahu bahwa sejenis dedaunan bisa membantu mengobati penyakit stroke? Air rebusan daun salam nyatanya memiliki manfaat sebagai pengobatan alami pada penyakit stroke.

Berbeda dengan sebelumnya, perlu tambahan bahan alami lain untuk mengobati stroke dengan daun salam. Kamu dapat merebus 50 gram jantung pisang dengan 10 lembar daun salam segar. Jika sudah matang, segera konsumsi jantung pisang dan daun salam.

  1. Mengobati Diare

Pertumbuhan bakteri E. coli, Salmonella sp., dan Vibrio cholera merupakan jenis bakteri yang sering menjadi penyebab diare. Nah, salah satu obat alami yang sudah terpercaya untuk mengobati diare adalah daun salam.

Daun salam memiliki kandungan etanol yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare. Cobalah untuk meminum air rebusan daun salam sebanyak dua gelas. Dengan begitu, diare akan lebih cepat untuk sembuh.

Cara mengobati diare dengan daun salam pun mudah. Cukup rebus 15 lembar daun salam segar dengan air sebanyak dua gelas. Rebus hingga mendidih. Kemudian, saring dan biarkan sebentar hingga suhu air rebusan daun salam tidak terlalu panas. Minum air rebusan daun salam tersebut untuk mengobati diare.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Sebagai salah satu jenis daun yang memiliki kandungan antiinflamasi, daun salam dapat menjadi pengobatan pada luka yang mujarab. Kamu hanya perlu menumbuk daun salam dan mengoleskannya pada luka atau bekas luka sebagai obat luar.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Daun salam memiliki efek yang sangat kuat pada sistem pencernaan. Kandungan di dalamnya membantu melancarkan buang air kecil, menurunkan kadar racun dalam pencernaan dan meredakan sakit perut.

Apa yang terdapat di dalam rebusan daun salam juga efektif untuk mengatasi iritasi usus besar dan mengurangi gejala penyakit celiac yang merupakan penyakit autoimun akibat konsumsi gluten.

Selain itu, enzim yang dibawa daun salam akan membantu mencerna protein yang sulit diproses dalam tubuh, sehingga penyerapan nutrisinya lebih maksimal.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Asam caffeic dan senyawa organik penting yang dapat ditemukan dalam daun salam mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Konsumsi air rebusan daun salam dapat memperkuat dinding kapiler di jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat pada sistem kardiovaskular.

  1. Menangkal Penyakit Kanker

Kombinasi antioksidan dan senyawa organik dalam daun salam, termasuk fitonutrien, katekin, linalool, dan parthenolide. Terbukti menahan perkembangbiakan sel kanker serviks dan membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas.

Radikal bebas dapat menyebabkan sel sehat bermutasi menjadi sel kanker. Daun salam sangat efektif dalam mencegah hal tersebut terjadi.

  1. Bersifat Antiinflamasi

Salah satu manfaat terpenting daun salam adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Daun ini mengandung fitonutrien unik bernama parthenolide yang dapat dengan cepat mengurangi peradangan dan iritasi.

Ia akan bekerja saat dioleskan ke area yang mengalami peradangan, seperti sendi yang sakit atau area yang terkena artritis. Efek ini juga bisa didapatkan melalui konsumsi daun salam dalam bumbu masakan.

  1. Mengatasi Kecemasan dan Stres

Daun salam dapat membantu menurunkan tingkat hormon stres dalam tubuh, terutama bila digunakan sebagai aromaterapi. Cocok bagi kamu yang suka wewangian dalam rumah.