Manfaat Daun Pepaya: Sayuran Murah, Manfaat Melimpah

Manfaat Daun Pepaya: Sayuran Murah, Manfaat Melimpah

Meski bisa didapatkan dengan harga murah atau bahkan bisa ditemukan tumbuh liar, daun pepaya punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh yang tak disangka. Bahkan, telah terbukti secara ilmiah.

Buah pepaya seringkali dikonsumsi untuk mengatasi sembelit dan memberi nutrisi kulit. Tapi Kamu tahu atau tidak sih, ternyata selain buahnya, sayuran daun pepaya juga kaya akan vitamin dan nutrisi, lho.

Mungkin beberapa di antara kalian tidak menyukai rasa daun ini karena terlalu pahit. Rasa pahit ini datang dari senyawa bernama papain. Meski kurang nikmat karena pahit, zat ini ternyata memiliki anti-inflamasi dan bagus untuk pencernaan, serta masih banyak khasiat lainnya.

Sudah sejak lama daun pepaya digunakan sebagai obat dan terapi tradisional. Beberapa orang merasakan banyak khasiat saat rutin mengonsumsi daun pepaya.

Termasuk mengurangi nyeri haid, mengobati ruam kulit dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ini adalah daftar manfaat daun pepaya untuk kesehatan:

  1. Mengatasi Gejala Demam Berdarah

Demam berdarah atau malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus akibat gigitan nyamuk. Penyakit ini dapat menyebabkan trombosit turun.

Meski hingga saat ini belum ditemukan obat malaria. Beberapa penelitian menunjukan ekstrak daun pepaya dapat meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh.

  1. Memelihara Fungsi Pencernaan

Pada daun pepaya terdapat serat, nutrisi dan senyawa yang dapat mendukung fungsi pencernaan. Salah satunya adalah papain.

Senyawa ini dapat memecah protein besar menjadi asam amino kecil. Sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Selain itu, daun pepaya sering digunakan sebagai terapi alternatif mengatasi gangguan pencernaan seperti kembung, mulas, gas hingga masalah sembelit dan iritasi usus besar.

  1. Meredakan Rasa Sakit dan Peradangan

Zat seperti papain, flavonoid, dan vitamin E yang terkandung dalam ekstrak daun pepaya memberikan manfaat sebagai anti-inflamasi.

Daun pepaya juga aman dan bermanfaat untuk mengatasi radang internal maupun eksternal seperti ruam, nyeri otot dan sendi.

  1. Menjaga Kadar Gula Darah

Penderita diabetes sangat dianjurkan untuk konsumsi daun pepaya setiap hari. Hal ini dikarenakan pada uji coba yang dilakukan dengan hewan daun pepaya memberikan efek terdapat zat antioksidan dan penurun gula darah yang kuat.

Meskipun sampai hari ini belum ada penelitian pada manusia, tetapi daun pepaya sejak dulu menjadi obat herbal tradisional.

  1. Membantu Pertumbuhan Rambut

Kebotakan dapat disebabkan tingkat stress oksidatif yang tinggi pada tubuh. Makan sayuran atau buah yang tinggi kandungan antioksidan seperti pepaya dapat mengurangi risiko kebotakan dini.

Tak hanya itu, penggunaan masker rambut dengan ekstrak daun pepaya sangat bagus untuk mencegah ketombe dan memperkuat akar rambut.