Manfaat Daun Kemangi: Daun Wangi, Anti-inflamasi

Manfaat Daun Kemangi: Daun Wangi, Anti-inflamasi

Kemangi tumbuh di berbagai tempat di seluruh dunia. Banyak orang yang juga menanamnya sendiri untuk kebutuhan dapur, guna digunakan sebagai bumbu masak dan penyedap makanan.

Memiliki bau yang kuat dan khas, kemangi juga seringkali dijadikan sebagai lalap di Indonesia. Selain menambah kenikmatan hidangan, siapa sangka bahwa ia memiliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh?

Tanaman dengan daun kecil ini diketahui mampu berperan sebagai zat anti-inflamasi dan melawan infeksi, serta masih banyak lagi khasiat yang diberikan. Berikut ulasan mengenai kandungan, manfaat hingga cara mengolah kemangi.

Berkat kandungan nutrisi di dalamnya, daun kemangi baik untuk dikonsumsi guna mencegah berbagai penyakit. Berikut manfaat penting yang bisa diberikannya:

  1. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Kemangi dapat memperlancar pencernaan secara optimal. Kemangi bekerja dengan cara memperkuat sistem pencernaan dan saraf. Kemangi juga dapat bermanfaat untuk obat sakit kepala dan insomnia.

Eugenol yang terdapat dalam daun menjadi anti-inflamasi di saluran pencernaan. Kemangi juga membantu menyeimbangkan asam di dalam tubuh dan mengembalikan tingkat pH tubuh yang tepat.

  1. Sebagai Anti-inflamasi

Kemangi memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, sehingga terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan gangguan. Kandungan eugenol, sitronelol dan linalool di dalamnya turut membantu menurunkan peradangan.

Sifat anti-inflamasi dari kemangi juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, rheumatoid arthritis, dan kondisi radang usus.

Konsumsi kemangi secara rutin juga bisa meredakan demam, sakit kepala, radang tenggorokan, masuk angin, batuk dan flu.

  1. Melawan Radikal Bebas

Kemangi mengandung berbagai antioksidan alami, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat dari radikal bebas. Radikal bebas sendiri dapat menyebabkan stres pada tubuh.

Untuk mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, seseorang harus menambah asupan antioksidan.

Kemangi sendiri mengandung dua antioksidan penting, yang dikenal sebagai orientin dan vicenin are. Antioksidan ini memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menunda efek penuaan kulit.