Manfaat Buah Zaitun: Acar Nikmat, Beribu Khasiat

Manfaat Buah Zaitun: Acar Nikmat, Beribu Khasiat

Bagi yang suka dengan masakan – masakan Italia, seperti pizza, pasta, dan lain sebagainya, pasti pernah melihat dan familiar dengan buah zaitun. Atau bagi yang sedang diet dan mengkonsumsi salad, penggunaan olive oil sebagai dressing sudah tidak aneh lagi.

Zaitun atau olive ini termasuk dalam kategori buah meskipun seringkali dipakai sebagai bahan masakan. Buah Zaitun ini memiliki rasa yang getir dan untuk menghilangkannya perlu melalui proses terlebih dahulu. Salah satu yang paling populer, yaitu dijadikan acar zaitun.

Kandungan yang terdapat dalam buah zaitun mampu membantu mencegah jantung koroner, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, memperkuat imunitas, dan menunda penuaan. Buah zaitun juga memiliki kandungan mampu membantu melawan dan mencegah kanker.

Berikut adalah khasiat buah zaitun yang dapat kamu rasakan setelah rutin memasukan buah zaitun ke menu masakan:

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Biasanya, orang akan mengkonsumsi kalsium yang didapat dari susu untuk merawat dan menjaga kesehatan tulang. Ternyata, selain mengkonsumsi kalsium pada produk dairy, kamu juga bisa mengonsumsi zaitun untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Dalam penelitian pada hewan uji, komponen tumbuhan yang dikandung buah zaitun terbukti dapat mencegah pengeroposan yang terjadi pada tulang. Dengan rajin mengonsumsi buah zaitun dan produk kalsium, maka kamu dapat menjaga tulang tetap sehat.

  1. Buah Kaya Antioksidan

Buah zaitun mengandung banyak antioksidan yang mampu membantu melawan peradangan dan mengurangi pertumbuhan mikroorganisme dalam tubuh. Dengan rutin memakan buah zaitun, mampu meningkatkan kadar glutathione dalam darah yang berperan sebagai antioksidan paling kuat dalam tubuh.

Buah yang kaya antioksidan juga mampu mengatasi radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit seperti stroke, kanker, dan serangan jantung.

  1. Mencegah Kerusakan Hati

Memiliki hati yang sehat dapat melindungi kita dari serangan racun yang dapat berakibat fatal pada kesehatan kita. Untuk mencegah kerusakan hati tersebut, kamu dapat memasukkan buah zaitun ke dalam menu masakan kamu.

Kandungan asam oleanolat yang terdapat dalam buah zaitun dipercaya mampu mencegah kerusakan pada hati.

  1. Memiliki Kandungan Lemak Baik

Bagi yang sedang diet, minyak zaitun merupakan salah satu menu yang dapat digunakan untuk mengganti minyak lainnya. Hal tersebut dikarenakan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang dapat kamu temukan juga pada alpukat dan kacang-kacangan.

Kandungan lemak tak jenuh tunggal ini mampu meningkatkan kolesterol baik yang mampu mengurangi penyakit jantung. Oleh karena itu, buah zaitun ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan bagi yang sedang diet atau memiliki penyakit jantung.

  1. Baik untuk Otak

Jika kamu mengalami hal yang bersangkutan dengan ingatan, seperti sering lupa, dan lain sebagainya, buah zaitun juga mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk memperbaiki otak dan mencegah kepikunan.

Kandungan polyphenols yang terdapat dalam buah zaitun merupakan zat natural yang mampu mengurangi stres oksidatif di dalam otak. Manfaat buah zaitun ini mampu meningkatkan kemampuan mengingat hingga 25%.