Manfaat Buah Pir: Pencernaan Sehat, Imun Kuat

Manfaat Buah Pir: Pencernaan Sehat, Imun Kuat

Mencari buah yang bebas natrium, lemak dan kolesterol? Tapi ingin yang rasanya juga manis dan lezat? Jangan khawatir, pir bisa jadi solusinya! Kebutuhan vitamin dan nutrisi kamu bisa terpenuhi dari buah yang satu ini.

Buah pir sangat direkomendasikan bagi kamu yang sedang dalam program penurunan berat badan. Bukan tanpa alasan, sebab buah manis dan lezat ini memiliki kalori rendah tiap porsinya. Bahkan kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya begitu lengkap.

Mengonsumsi pir dapat membantu kamu untuk kembali pada gaya hidup sehat yang menyenangkan. Salah satunya, kamu bisa dengan mudah memenuhi 18% kebutuhan serat harian hanya dengan mengonsumsi satu buah.

Buah pir tidak hanya bebas kolesterol dan membantu penurunan berat badan, namun terdapat beragam manfaat buah pir bagi kesehatan, antara lain:

  1. Mengoptimalkan Pencernaan

Buah-buahan seperti pir merupakan sumber serat makanan yang sangat baik bagi tubuh. satu porsi buah pir bahkan menyediakan 18% dari kebutuhan serat harian.

Buah pir juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, sebab sebagian besar serat dalam buah pir adalah non-soluble polysaccharide (NSP), yang dapat mengurangi kemungkinan sembelit, diare dan sulit buang air besar.

  1. Mencegah Osteoporosis

Masalah osteoporosis sangat umum terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Namun, jangan sampai kamu tidak mencegah osteoporosis dini.

Kamu harus menjaga kesehatan tulang dengan mengonsumsi kalsium dalam jumlah yang disarankan setiap hari.

Salah satu caranya juga adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah yang cukup setiap hari. Di mana pir bisa jadi pilihan, sebab ia dapat membantu menyerap kalsium yang dikonsumsi dengan mudah.

  1. Menurunkan Berat Badan

Buah pir merupakan salah satu buah dengan kalori yang rendah, bahkan buah pir hanya mengandung 101 kalori per porsinya. Mengonsumsi buah pir secara teratur tentu dapat mendukung proses penurunan berat badan kamu dengan maksimal.

Meski rendah kalori, buah pir juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat besar dan tinggi serat. Sehingga kamu dapat merasa kenyang lebih cepat.

  1. Kaya Antioksidan

Buah pir kaya akan antioksidan seperti vitamin C yang dapat memerangi berbagai penyakit di dalam tubuh. Buah pir juga memiliki komponen vitamin A, senyawa flavonoid seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin.

Semua kandungan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh dapat ditemukan dalam buah pir yang dapat membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas.

  1. Bersifat Antikanker

Antioksidan sering dipuji karena aktivitas antikarsinogenik. Buah pir, yang kaya akan antioksidan, dapat menjadi pencegah kanker.

Studi lain yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer menemukan bahwa buah-buahan seperti pir dapat berkontribusi untuk membantu menurunkan risiko kanker paru-paru.