Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan: Segar Berkhasiat

Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan: Segar Berkhasiat

Sering disebut buah, bengkoang atau bengkuang, sebenarnya merupakan umbi-umbian, Kamu. Umbi yang satu ini biasanya kerap ditemukan di rujak, atau juga jadi salah satu isian untuk asinan segar.

Umbi dari tanaman bernama ilmiah Pachyrrhizus erosus ini merupakan memiliki tekstur yang renyah serta rasa yang manis. Bengkoang pun kaya akan serat, dan cocok untuk diet.

Tidak hanya kaya serat, bengkoang juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Penasaran apa saja nutrisi di dalam bengkoang?

  1. Baik untuk Pencernaan

Banyaknya serat yang terdapat pada bengkoang membuat umbi yang satu ini baik untuk pencernaan.

Serat yang terdapat bisa membuat feses lebih mudah bergerak dan lebih lunak. Selain itu, inulin pada bengkoang juga bisa membantu kamu saat sembelit.

  1. Mencegah Dehidrasi

Tidak hanya kaya akan serat, bengkoang juga kaya akan air. Karena kandungan airnya yang tinggi, sekitar 85%, bengkoang dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Radikal bebas dapat meningkatkan risiko terkena penyakit, termasuk kanker. Nah, bengkoang memiliki antioksidan yang dapat melindungi kamu dari paparan radikal bebas.

  1. Mengembangkan Kemampuan Kognitif

Mau jadi pinter? Bengkoang bisa bantu kamu, lho! Bengkoang memiliki kandungan vitamin B6 yang katanya bisa membantu mengembangkan kemampuan kognitif kamu!

  1. Membantu Kepadatan Tulang
    Kalsium, tembaga, fosfor, zat besi dan magnesium merupakan jenis mineral yang baik untuk kepadatan tulang.

Siapa sangka, bermacam jenis mineral tadi semuanya ada pada bengkoang!