Manfaat Bawang Dayak: Bawang Unik, Kaya Antioksidan

Manfaat Bawang Dayak: Bawang Unik, Kaya Antioksidan

Indonesia dikenal memiliki berbagai macam bumbu dan rempah yang melimpah. Salah satu bahan pelezat makanan yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan adalah bawang dayak.

Bawang unik ini menjadi khas Kalimantan Tengah meski berasal dari Amerika. Nama bawang dayak sendiri berasal karena ia banyak dibudidayakan dan sering digunakan oleh masyarakat suku Dayak.

Ia sekilas tidak jauh berbeda dengan bawang merah, namun agak lebih lonjong dan kecil. Namun, memiliki manfaat hebat dan banyak digunakan oleh masyarakat lokal sebagai obat herbal tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit.

Merujuk kandungan gizi yang dimiliki oleh bawang dayak, tak heran jika bawang ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Seperti berikut ini:

  1. Mengatasi Infeksi

Bawang dayak mengandung antioksidan yang bekerja efektif untuk melawan radikal bekas dan menghambat pertumbuhan virus dan bakteri penyebab penyakit dan infeksi.

Didukung dengan sifat anti-bakteri di dalamnya tentu berguna dan ampuh melawan bakteri Staphylococcus aureus (MRSA), B. cereus, Shigella sp., dan P. aeruginosa.

  1. Mencegah Diabetes

Bawang dayak mengandung eleutherol, eleuthocide A, dan eleutherinoside B yang memiliki sifat antidiabetik. Kandungan ini dapat bermanfaat untuk mencegah dan menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Mengonsumsi bawang dayak akan membantu kamu agar terhindar dari risiko menderita penyakit diabetes.

  1. Mengontrol Kadar Kolesterol

Apabila kadar kolesterol cenderung meningkat dapat berisiko terserang penyakit jantung hingga stroke. Opsi yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi bawang dayak, karena dapat menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Kandungan eleutherinol pada bawang dayak membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida di dalam darah.

  1. Mengatasi Jerawat

Dikenal memiliki ragam manfaat untuk kesehatan, ternyata tak banyak orang yang tahu bahwa bawang dayak juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit wajah seperti jerawat.

Berdasarkan sebuah studi bahwa bawang dayak berpotensi untuk dikembangkan sebagai obat anti jerawat. Adanya etanol di dalamnya juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat pada kulit.

  1. Antipenuaan

Radikal bebas tidak hanya merugikan untuk kesehatan tubuh. Namun, juga berdampak buruk untuk kesehatan kulit yang dapat menjadi penyebab penuaan dini.

Anti-aging pada bawang dayak sering dimanfaatkan sebagai campuran krim, karena memiliki potensi antioksidan yang tinggi. Hal ini dianggap dapat membasmi radikal bebas dan mencegah kerutan halus, serta bintik hitam pada wajah.