MacBook Air M1 Masih Layak Dibeli? Cari Tahu Daya Tariknya

MacBook Air M1 Masih Layak Dibeli? Cari Tahu Daya Tariknya

Apple adalah raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat dan begitu piawai dalam menciptakan banyak perangkat teknologi yang digemari oleh banyak penggemar gadget. Tak hanya smartphone, Apple juga getol menelurkan tablet dan laptop.

Seperti diulas oleh indotimes.net, Apple yang dikomandani oleh Tim Cook ini telah banyak meluncurkan perangkat, mulai dari iPhone, iPad dan tentunya yang tak kalah menarik adalah MacBook. Nah! Salah satu seri MacBook yang dipasarkan adalah MacBook Air M1.

Ya! MacBook Air M1 memang merupakan laptop lawas, namun perangkat ini masih cocok untuk kalian pakai di tahun 2023 ini. Mengapa? Karena seperti dikutip dari bestproduct.id, MacBook Air M1 memiliki dukungan spesifikasi yang dapat kalian andalkan untuk bekerja.

Pertama, mulai dari tampilan, MacBook Air M1 ini datang dengan layar berukuran 13,3 inci dengan panel IPS dan memiliki resolusi 2560 x 1600 piksel. Selain itu, laptop yang memiliki bodi tipis dan ringan ini memiliki tingkat kerapatan layar 227 ppi dan kecerahan layar 400 nits.

Jika berbicara dapur pacunya, kalian tentunya sudah tahu bahwa MacBook Air ini telah dibekali prosesor Apple M1. Sementara, kapasitas RAM-nya adalah 8 GB. Tetapi, kalian tak perlu khawatir karena dukungan RAM tersebut dapat diupgrade hingga 16 GB.

Terkait dengan penyimpanan data, MacBook Air M1 didukung dengan SSD 256 GB atau 512 GB. Jika kapasitas SSD yang tersedia masih belum mencukupi, kalian pun dapat mengupgrade hingga 2 TB. Sedangkan untuk urusan konektivitas, ada dukungan Wi-Fi 6 802.11ax dan Bluetooth 5.0.

Selain itu, Apple juga membekali MacBook Air M1 dengan dua port Thunderbolt/USB 4 dengan dukungan untuk pengisian daya, DisplayPort, Thunderbolt 3 (hingga 40 Gb/dtk), USB 4 (hingga 40 Gb/dtk) dan USB 3.1 Gen 2 (hingga 10 Gb/dtk). Kapasitas baterainya adalah 49,9 Wh.

Ya! MacBook Air M1 datang dengan prosesor M1 yang diracik oleh Apple sendiri. Prosesor ini telah menggunakan teknologi Neural Network Processing sehingga transmisi data menjadi lebih cepat dari jenis lainnya. Baterainya pun terbilang hemat, yang mampu bertahan hingga 18 jam.

Daya tarik lainnya, MacBook Air M1 juga tidak menimbulkan suara kipas yang bising untuk pendinginan sejumlah komponen hardware yang terpasang di dalamnya. Dengan begitu, pengguna laptop ini dapat beraktivitas dengan lancar tanpa gangguan kebisingan.

Jika kalian tertarik untuk membeli MacBook Air M1, di beberapa e-commerce ternama di Tanah Air, laptop tipis dan ringan yang dirilis oleh Apple pada tahun 2020 lalu ini ditawarkan dengan rentang harga Rp13 juta hingga Rp14 juta. Jadi, bagaimana menurut kalian?