Lempar Sepatu ke Penonton Usai Juara Piala Dunia U-17 2023, Eric Da Silva Moreira: Indonesia Bagian Dari Kami

Bek timnas Jerman U-17 Eric Da Silva Moreira mengungkapkan ekspresi kegembiraan saat ditemui di area mixed zone Stadion Manahan, Solo, RTP Slot setelah menjadi juara Piala Dunia U-17 2023. Wajahnya memancarkan kebahagiaan, napasnya terengah karena selebrasi heboh di lapangan.

Moreira begitu mengapresiasi dukungan masyarakat Indonesia. Ia mengaku sampai melempar sepatunya ke tribun penonton sebagai bentuk ucapan terima kasihnya.

“Kami berterima kasih, masyarakat Indonesia telah memberikan segala bentuk dukungan untuk kami. Saya melempar dua pasang sepatu saya. Saya ingin memberikan segalanya juga untuk mereka,” ujar dia di mixed zone Stadion Manahan, Solo, Sabtu, 2 Desember 2023. “Orang-orang Indonesia telah menjadi bagian dari kami selama turnamen dan kami benar-benar berterima kasih kepada mereka.”

Jerman keluar sebagai juara Piala Dunia U-17 2023 setelah mengalahkan Prancis di babak final. Bermain imbang 2-2 sepanjang 90 menit, Der Panzer memenangkan pertandingan dengan skor 4-3 lewat adu penalti.

Moreira menjadi salah satu eksekutor, namun gagal menjalankan tugasnya. Kendati demikian, hal itu tak menghalanginya untuk merayakan kemenangan Jerman. Ia dan rekan-rekannya melakukan beberapa selebrasi usai seremoni pengangkatan piala.

 

Satu yang paling menarik perhatian adalah ketika para pemain Jerman melingkar dan satu orang tampak seperti sedang memberikan petuah-petuah kepada mereka. Ketika ditanya soal makna di baliknya, Moreira menyebut itu hanya salah satu bentuk rasa syukur para pemain kepada Tuhan.

“(Selebrasi) itu tidak ada artinya. Hanya bersyukur kepada Tuhan, dia yang membuat kami bisa meraihnya (kemenangan) hari ini,” tuturnya. “Ini luar biasa, benar-benar luar biasa. Saya tidak bisa mengendalikan perasaan. Saya tidak menyangka kami bisa jadi juara dunia dan kami senang, lalu pulang ke Jerman dengan membawa satu trofi lainnya.”

Setelah Piala Dunia U-17 2023 berakhir, Moreira belum menentukan langkah selanjutnya dalam kariernya. Dengan wajah semringah, pemain asal klub St. Pauli itu menegaskan saat ini dia dan rekan-rekannya hanya ingin merayakan gelar kedua yang mereka raih tahun ini, menyusul Euro U-17 2023.