Kemlu Siapkan Rencana Kontingensi untuk Pasukan RI di Lebanon

kemenlu

Kementerian Luar Negeri udah buat persiapan konsep kontingensi bagi pasukan Indonesia yang berada di Lebanon. Strategi selanjutnya Joker123 udah dikantongi oleh Kemlu untuk digunakan seandainya keadaan memburuk di perbatasan Israel-Lebanon.

Kelompok Lebanon Hizbullah dan Israel udah menambah baku tembak di perbatasan sejak perang Israel di Gaza pecah pada 7 Oktober lalu. Meningkatnya kekerasan baru-baru ini beberapa besar cuma berjalan di wilayah perbatasan, walau Israel udah laksanakan serangan udara terbatas lebih dalam ke wilayah Lebanon.

Sejak pertempuran dimulai, lebih dari 150 orang udah terbunuh di pihak Lebanon, menurut penghitungan Committee to Protect Journalists (CPJ). Sebagian besar dari mereka adalah pejuang Hizbullah, sementara belasan adalah warga sipil, dan tiga di antaranya adalah jurnalis.

Di pihak Israel, setidaknya empat warga sipil dan sembilan tentara udah tewas sejak 7 Oktober, menurut angka dari militer Israel.

Kemlu menyatakan sejauh ini tidak tersedia pergantian mandat dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada pasukan Indonesia di Lebanon. “Kita konsisten men-engage pasukan-pasukan kami di Lebanon lewat duta besar kami di Lebanon,” ujar Retno sementara ditemui di Jakarta Selatan pada Rabu, 27 Desember 2023.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Badan Hukum Indonesia (BHI) di Kemlu, Judha Nugraha, menyatakan tersedia sekitar 217 WNI di Lebanon.

“Jadi dari sementara ke waktu, kami tidak cuma memandang keadaan di Gaza tapi terhitung dengan negara lain yang barangkali terdampak oleh keadaan di Gaza,” ujarnya.

Baca Juga: https://suarakuonline.com/jennie-blackpink-resmi-umumkan-agensi-baru-miliknya-oa/

Menurut catatan paling akhir Kemlu pada Oktober lalu, terdapat 1.200 anggota kontingen Indonesia yang bertugas di Pasukan Sementara PBB di Lebanon (UNIFIL). Mereka ditempatkan di Lebanon selatan, selama perbatasan darat dan laut Lebanon-Israel.