kapal ikan

Kapal Ikan Kecelakaan di Jepang, Kemlu kabarkan 20 ABK selamat

Jakarta – Kapal penangkap ikan Dari Indonesia slot777 mengalami kecelakaan di Kepulauan Izu, Tokyo, Jepang. Kapal tersebut menabrak bebatuan di laut lepas pantai Jepang dan terhanyut.
Di infokan dari Pihak KBRI Tokyo kecelakaan terjadi pada Minggu (3/3). Terdapat 25 orang dalam kapal itu, di antaranya 20 orang di antaranya merupakan orang WNI.

Juru bicara Kemlu RI, Muhamad Iqbal menyampaikan, KBRI Tokyo menerima informasi kecelakaan kapal penangkap ikan Tuna itu dari Japan Coast Guard (JCG) di Shimoda, Shizuoka. Iqbal mengabarkan 20 ABK WNI selamat.

“Kapal tersebut berlayar dari Pelabuhan Kagoshima di Prefektur Kagoshima dengan jumlah total kru 25 orang yang terdiri atas 1 kapten, 2 orang officer serta 22 ABK. Dari ke-25 orang tersebut, 20 di antaranya WNI,” kata Iqbal di Jakarta, Senin (5/3/2024).

“Seluruh WNI/ABK selamat dan telah dievakuasi menggunakan helikopter JCG Shimoda ke RS terdekat di Kozushima, Tokyo. Satu orang luka, namun sudah dalam perawatan,” sambungnya.

Iqbal mengatakan pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan agensi para ABK dan pihak dari Jepang. Selanjutnya, seluruh WNI akan diantarkan ke KBRI Tokyo untuk mempersiapkan dokumen kepulangan.

“KBRI telah berkoordinasi dengan agensi pengirim para ABK serta JCG Shimoda dan akan berkoordinasi untuk langkah-langkah ke depan. Sementara ini seluruh WNI akan diantarkan ke KBRI Tokyo pada tanggal 7 Maret untuk disiapkan dokumen perjalanan yang dibutuhkan,” ujarnya.