CEO Apple Tim Cook minta gajinya dipotong 40%

CEO Apple Tim Cook minta gajinya dipotong 40%

CEO Apple Tim Cook akan menerima pemotongan gaji pada tahun 2023 menjadi USD49 juta sebagai kompensasi total. Keputusan ini diinisiasi sendiri oleh Cook, kata Apple dalam pengajuan SEC (Komisi Sekuritas dan Bursa AS), menyusul pemungutan suara pemegang saham. Perusahaan juga mengurangi jumlah unit stok terbatas yang akan diterima Cook jika dia pensiun sebelum 2026.

Dikutip dari CNBC(14/1), Cook mengumpulkan kompensasi berbentuk saham pada 2022 senilai USD83 juta, insentif USD12 juta, dan gaji USD3 juta. Dia juga mendapat manfaat termasuk kontribusi program pensiun, keamanan, perjalanan udara pribadi dan lebih dari USD46.000 dalam bentuk uang tunai liburan.

Komite kompensasi Apple mengatakan 64% pemegang saham menyetujui kompensasi Cook, turun dari 95% yang menyetujuinya untuk tahun fiskal Apple Apple. Tetap saja, dewan Apple memuji kinerja Cook, dan mengatakan mereka percaya pada keputusan strategis jangka panjang CEO itu.

Adapun, kompensasi eksekutif sedang menjadi sorotan para pemegang saham institusi akhir-akhir ini. Layanan Pemegang Saham Kelembagaan merekomendasikan agar pemegang saham Apple memberikan suara menentang paket pembayaran Cook pada pertemuan tahunan tahun lalu.

Komite kompensasi, yang terdiri dari Art Levinson, Al Gore, dan Andrea Jung, mengatakan telah menjangkau pemegang saham institusional untuk mengukur perasaan mereka tentang gaji Cook.

“Berdasarkan percakapan penting ini, kami telah mengubah ukuran dan struktur kompensasi Tim tahun 2023,” tulis Komite.

Cook sebagian besar dibayar dalam unit stok terbatas. Jumlah saham sebenarnya dari saham Apple yang dimiliki Cook tergantung pada kinerja perusahaan versus S&P 500. Saham Apple telah berjalan cukup baik sehingga Cook biasanya memberikan jumlah maksimum.